Tinggalkan komentar

10 HAL YANG BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MENGURANGI PEMANASAN GLOBAL

Penggunaan bahan bakar fosil seperti gas alam, batubara, minyak dan bensin akan meningkatkan level karbon dioksida di atmosfer, dan karbon diaksoda merupakan penyumbang utama terhadap efek rumah kaca dan pemanasan global.

Kamu bisa membantu mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dengan menggunakan energi yang lebih ramah. Ada 10 tindakan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pemanasan global.

1. Reduksi, Pemakaian Ulang, Daur Ulang (Reduce, Reuse, Recycle)

Kurangi sampah dengan memilih produk yang bisa digunakan kembali sebagai pengganti produk yang dapat dibuang. Membeli produk dengan kemasan yang minimal (termasuk ukuran ekonomi menurut ukuranmu) akan membantu mengurangi sampah. Dan kapanpun, usahakan kamu dapat mendaur ulang kertas, plastik, koran, gelas, dan kaleng alumunium. Jika di tempatmu, sekolah, atau di komunitasmu tidak ada program daur ulang, mulailah dari kamu sendiri. Dengan mendaur ulang separoh dari sampah rumah tangga, kamu akan menghemat 2.400 pond karbon dioksida setiap tahunnya.

2. Menggunakan Sedikit Pemanas dan AC

Tambahkan sekat di tembok dan loteng kamu, dan pasang bidang cuaca di sekitar pintu dan jendela yang dapat mengurangi biaya pemanas lebih dari 25%, dengan mengurangi tingkat energi yang kamu butuhkan untuk memanaskan dan mendinginkan rumah.

Matikan pemanas di saat kamu tidur di malam hari atau hindari selamanya, dan jagalah temperatur sedang di setiap saat. Mengatur alat pengatur panas 2 tingkat lebih rendah di musim dingin dan lebih tinggi di musim panas dapat menghemat 2000 pond karbon dioksida setiap tahunnya.

3. Ganti Lampu Bolam

Ganti lambu bolam dengan lampu neon. Mengganti lampu bolam 60 watt dengan lampu neon akan menghemat 30 $ lebih dari lampu bolam. Lampu neon juga 10  jam lebih lama daripada lampu bolam, menggunakan kurang dari dua pertiga energi, dan mengurangi 70% pemanasan.

Jika setiap setiap keluarga mengganti bolam dengan lampunneon, akan mengurangi 90 milliar pound dari gas rumah kaca, yang sama dengan mengurangi 7.5 juta mobil dari jalan.

4. Kurangi berkendara dan Berkendara yang Cerdas

Mengurangi berkendara berarti mengurangi emisi. Disamping menghemat bensin, jalan kaki dan bersepeda merupakan olahraga yang penting. Perhatikan sistem transportasimu, dan kurangi berkendaraan menuju ke tempat kerja atau sekolah.

Ketika kamu berkendara, pastikan mobil kamu berjalan efesien. Misalnya, menjaga kondisi angin ban dengan benar dapat mempercepat jarak dan menghemat bensin lebih dari 3 %. Setiap galon bensin yang kamu hemat tidak hanya membantu pengeluaran kamu, tetapi juga menjaga 20 pound karbon dioksida keluar dari atmosfer.

5. Belilah Produk-produk yang Hemat energi

Ketika akan membeli mobil baru, pilihlah mobil berbahan bakar irit. Mulai sekarang pilihlah peralatan rumah yang efesien energi dan pilihlah lampu yang tidak kelewat terang yang didesain untuk memberikan cahaya yang nampak natural yang hemat energi.

Hindari produk-produk yang dikemas berlebihan, khususnya dari bahan plastik atau kemasan lainnya yang tidak dapat didaur ulang. Jika kamu mengurangi 10% sampah rumah tanggamu, kamu akan menghemat 1200 pond karbon dioksida setiap tahunnya.

6. Kurangi Penggunaan Air Hangat/Panas

Atur pemanas airmu pada 120° untuk menghemat energi, dan lapisi pemanas dengan isolasi jika pemanas airmu sudah lebih dari lima tahun. Belilah kepala shower yang mempunyai pancaran air rendah untuk menghemat air panas dan menghemat sekitar 350 pond karbon dioksida setiap tahunnya. Cuci pakaian kamu dengan air panas atau dingin untuk mengurangi penggunaan air hangat dan energi yang dibutuhkan untuk memproduksinya. Perubahan tersebut akan manghemat 500 pond karbon dioksida setiap tahunnya. Gunakan pengaturan hemat energi pada pencuci piring dan pengering piring.

7. Gunakan Tombol “Off”

Hemat listrik dan kurangi pemanasan global dengan mematikan lampu ketika kamu meninggalkan kamar/ruang, dan gunakan lampu sesuai kebutuhan. Dan ingat, matikan televisi kamu, video player, radio, komputer ketika kamu tidak menggunakannya.

Juga merupakan ide yang bagus kalau kamu mematikan air ketika kamu tidak menggunakannya. Ketika kamu menyikat gigi, memandikan anjing dengan memberi shampo atau mencuci mobil kamu, matikan air sampai kamu benar-benar memerlukan untuk membilasnya. Kamu akan mengurangi tagihan bayaran air kamu dan membantu menghemat sumber daya vital.

8. Menanam Pohon

Jika kamu berencana menanam pohon, mulailah dengan menggali. Selama fotosintesis, pohon dan tumbuhan lainnya akan menyerap karbon dioksida dan akan memberikan oksigen. Tumbuh-tumbuhan merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pertukaran atmosfer di bumi, untuk melawan peningkatan karbon dioksida yang disebabkan oleh lalu lintas kendaraan, pabrik dan aktivitas manusia lainnya. Satu pohon akan menyerap kira-kira 1 ton karbon dioksida selama masa hidup pohon tersebut.

9. Dapatkan Kartu Laporan dari Perusahaan Jasa Kamu

Banyak perusahaan jasa memberikan audit energi rumah secara gratis untuk membantu konsumen mengidentifikasi area rumahnya yang mungkin tidak hemat energi. Banyak perusahaan jasa juga memberikan program diskon bagi siapa yang akan memperbarui energi rumahnya dengan hemat energi.

10.  Anjurkan Kepada Orang lain untuk Berhemat

Bagi informasi tentang daur ulang dan konservasi energi kepada teman-teman kamu, tetangga dan teman kerja, dan mintalah kepada kantor-kantor publik untuk menyelenggarakan program-program dan kebijakan yang mendorong pelestarian lingkungan.

Sepuluh tahap di atas akan menghemat energi yang kamu gunakan dan juga pengeluaran setiap bulannya. Dan peralatan yang hemat energi itu sedikit tergantung pada bahan bakar fosil yang menghasilkan gas rumah kaca dan menyumbangkan pada pemanasan global.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: